MENU

Cara Melihat Kode Registrasi Program Alih Fungsi Guru SMK/SMA

Cara Melihat Kode Registrasi Program Alih Fungsi Guru SMK/SMA

Bagi anda guru salah satu mata pelajaran yang diidentifikasi kelebihan guru, yaitu: guru SMK adaptif (PKn, Matematika, Seni Budaya, IPA, IPS, Kewirausahaan, dan KKPI); dan guru SMA (PPKn, Biologi, Fisika, Kimia, Geografi, Ekonomi, Bhs Asing Lain, Antropologi, TIK). Serta anda memiliki Usia maksimal antara 45 s.d 55 tahun sesuai dengan karakteristik kompetensi keahlian. Berikut ini Cara Melihat Kode Registrasi Program Alih Fungsi Guru SMK/SMA.

Langkah pertama yang anda lakukan adalah login ke akun Guru Pembelajar Online (GPO) anda di laman http://sim.gurupembelajar.id maka akan terlihat tanpilan berikut ini:
 
Akun GPO
Apabila anda termasuk dalam pesyaratan tersebut di atas, maka pada akun GPO anda akan ada informasi tentang PENDAFTARAN PROGRAM SERTIFIKASI GURU DAN SERTIFIKASI KEAHLIAN GURU SMK/SMA (alih fungsi).
 
Selengkapnya dapat anda lihat pada gambar berikut ini:
 
Info Pendaftaran Alih Fungsi Guru
 
 
Apabila anda baca dengan seksama maka dalam informasi tersebut terdapat Kode Registrasi untuk mendaftar di laman http://alihfungsi.gtk.kemdikbud.go.id/

 
Kode registrasi pendaftaran program alih fungsi guru
Kode Registrasi juga dikirim surat ke Dinas Pendidikan Kab/Kota masing-masing melalui MKKS SMK. Contoh surat lihat DISINI

Berikut ini 10 (sepuluh) catatan tentang Program Ali Fungsi Guru Tahun 2016. Catatan ini kami ambil dari beberapa grup WA yang saya ikuti:

1. Program alih fungsi guru ini bertujuan untuk pemenuhan guru produktif SMK dalam jangka pendek, terutama untuk mata pelajaran yang di LPTK tidak ada jurusan tersebut.

2. Bagi guru yang ditawarkan alih fungsi tidak perlu resah dan tidak merupakan kewajiban, pemerintah hanya menawarkan kesempatan, bila merasa telah nyaman dengan pelajaran yang diampu saat ini silakan tetap dipelajaran yang lama.

3. Guru yang melamar juga tidak langsung diterima, harus melalui test untuk melihat kemampuan berkembang di mata pelajaran yang baru.

4. Waktu satu tahun untuk alih mata pelajaran cukup karena mereka akan melalui proses in dan on masing-masing tahap dengan mengasah kemampuan di kelas dan DUDI.

5. Materi yg diberikan langsung tertuju kepada materi pembelajaran beserta metodologinya. Dididik 5 tahunpun di perguruan tinggi belum tentu mendapat pengalaman lapangan yg lebih baik dari diklat teknis seperti ini, karena di perguruan tinggi tentu banyak materi umum lainnya, materi umum ini tentu telah diperoleh oleh guru saat mereka kuliah.

6. Nama-nama yang ikut alih fungsi sudah ada undanganya dari dirjen GTK, bagi yang sudah ada namanya bisa mendaftar secara online karena sudah ada kode registrasinya. Undangan dan Kode Registrasi dapat dilihat di Sim GPO.

7. Bagi yg tdk ada namanya dan berminat dapat mengusulkan ke sekolah melalui MKKS SMK, dari MKKS akan diteruskan ke Dinas Pendidikan Kabupaten/Kota dan selanjutnya disahkan Dinas Provinsi baru dikirim ke pusat, pendaftaran manual ini ditunggu sampai tanggal 17 Oktober 2016.

8. Bagi yang belum sertifikasi dan ikut alih fungsi akan mendapat 2 sertifikat yaitu sertifikat pendidik dan sertifikat keahlian dan mengajarnya harus sesuai dengan kompetensi yang diambil pada saat alih fungsi, jadi tidak lagi berdasarkan ijazah tetapi berdasarkn sertifikat keahlian

9. Bagi yang sudah sertifikasi jika ikut program alih fungsi baru bisa mengajar pada 2 mapel yaitu mapel pada sertifikat pendidik yg pertama dan mapel pada sertifikat keahlian.

10. Semoga bermanfaat

<<< UPDATE TERBARU >>>

"Bagi guru PNS dan GTY yang tidak mendapatkan undangan dan berminat mengikuti program ini, dapat mendaftarkan diri dengan menggunakan NUPTK sebagai kode registasinya."


Berikut isi Informasi dalam akun GPO anda yang dinyatakan berhak untuk mengikuti program alih fungsi guru ini:
 
PENDAFTARAN PROGRAM SERTIFIKASI GURU DAN SERTIFIKASI KEAHLIAN GURU SMK/SMA(alih fungsi)
 
Menindaklanjuti Instruksi Presiden Nomor 9 tahun 2016 tentang Revitalisasi Sekolah Menengah Kejuruan dalam rangka peningkatan kualitas dan daya saing sumber daya manusia Indonesia, Direktorat Jenderal Guru dan Tenaga Kependidikan akan menyelenggarakan program sertifikasi pendidik dan sertifikasi keahlian bagi guru SMK/SMA (alih fungsi). Program tersebut diprioritaskan bagi :
 
Guru SMK yang mengajar mata pelajaran adaptif terutama guru bidang studi IPA, IPS, kewirausahaan dan KKPI; Guru TIK SMA dan guru yang teridentifikasi berlebih berdasarkan perhitungan yang bersumber dari data dapodik antara lain guru bidang studi PPKn, Biologi, Fisika, Kimia, Geografi, Ekonomi, Bahasa asing dan antropologi;
 
Program program sertifikasi pendidik dan sertifikasi keahlian bagi guru SMA/SMK (alih fungsi) ini akan diprioritaskan untuk mata pelajaran Sekolah Menengah Kejurusan (SMK) bidang keahlian kemaritiman, pertanian, pariwisata dan ekonomi kreatif serta dilaksanakan dengan skema belajar mandiri terbimbing (ON) dan Pelatihan (IN). Pada akhir program ini peserta akan mendapatkan sertifikat keahlian dan diprioritaskan mengikuti PLPG pada tahun 2017. Berdasarkan database Dapodik Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, Saudara :
 
  • Nama : WIDO AJI WIBOWO
  • Asal Sekolah : SMKN 1 PURWODADI
  • Kode Registrasi : XXZZACDEFGHIJ

Termasuk dalam daftar Nominasi calon peserta program sertifikasi guru dan sertifikasi keahlian bagi guru SMK/SMA (Alih Fungsi) tersebut. Segera daftarkan diri Saudara melalui laman

http://alihfungsi.gtk.kemdikbud.go.id . 
Pendaftaran dibuka dari tanggal 3 s.d 20 oktober 2016.


LANGKAH MUDAH DALAM MELAKUKAN PENDAFTARAN ALIH FUNSI

Pertama kita buka dulu website http://alihfungsi.gtk.kemdikbud.go.id/ maka akan di tampilkan tanyangan sebagi berikut, anda cukup menekan tombol CLOSE. lalu cari tombol DAFTAR di pojok kanan atas.

 
Gambar 1. Informasi terbaru tentang pendaftaran menggunakan NUPTK bagi PNS dan GTY
Kedua apabila muncul tampilan berikut ini langsung saja masukan Kode Registrasi atau NUPTK anda  trus di centang pada Saya Bukan Robot dilanjutkan Klik Tombol DAFTAR
 
Gambar 2. Form isian Kode Registrasi
Ketiga. setelah  anda berhasil memasuka kode registrasi atau NUPTK maka anda akan diberikan tapilan sebagai berikut ini, Data anda sesuai DAPODIK akan muncul apabila anda telah mengupload foto pada dapodik maka foto anda juga akan kelihatan. 
Lakukan klik pada tombol Pilih Paket Keahlian untuk memilih paket keahlian yang anda ingnkan, paket keahlian yang ditawarkan dapat anda baca DISINI
 
Gambar 3. Pilih Paket Keahlian
 
Gambar 4. Pilihan 1 Paket Keahlian
 
Gambar 5 Pilihan 2 Paket Kehalian
 
Gambar 6. Batasan Usia Paket Keahlian
 
Gambar 7. Batasan Usia Paket Keahlian
Gambar 8. Paket Keahlian telah dipilih dan lokasi SMK yang ada paket keahlian dipilih
Gambar 9. Pernyataan kesanggupan
 
Gambar 10. Anda telah berhasil mendaftar, menunggu dinas pendidikan kab/kota untuk langkah selanjutnya

 

Beberapa materi yang dapat anda unduh antara lain:

 

  1. Panduan Pendaftaran Program Alih Fungsi disini
  2. Infografis Alih Fungsi
  3. Kebijakan Penataan dan Pemerataan Guru Alih Fungsi
  4. Kebijakan Alih Fungsi
  5. PERAN GTK DALAM Mendukung PENDIDIKAN KEJURUAN
  6. Konsep Program Sertifikasi Keahlian dan Pendidik
  7. Revitalisasi Pendidikan Vokasi

Baca Artikel Asli

Artikel Asli

KOMENTAR